Pages

Wednesday, December 11, 2013

Proses Pembuatan Kerupuk Jangek

Tahap-tahap proses pembuatan kerupuk jangek:
 1. Kulit sapi dicuci dahulu agar bersih kemudian dipotong menjadi 4-6 bagian agar lebih mudah dalam pembersihan bulu.
 2. Kemudian kulit direbus dengan air yang tidak begitu panas ±30ºC dan diaduk-aduk dan dibolak-balik  sampai rambut dari kulit sapi mudah dikerok.
 3. Kulit dikerok dengan pisau sampai bersih kemudian dipotong-potong berukuran kecil-kecil (1 cm x 5 cm atau sesuai selera).
 4. Kulit yang sudah dipotong-potong ukuran kecil di cuci bersih dan di beri garam secukupnya
 5. Kulit yang sudah dipotong-potong kemudian dijemur sampai kering. Jika cuaca cukup panas, maka waktu penjemuran cukup membutuhkan waktu 3 hari. Salah satu tanda kulit sudah cukup kering adalah  kulit sudah sangat keras.
 6. Kulit yang sudah kering tersebut disebut kerupuk jangek mentah.
 7. Setelah kulit kering segera dilakukan penggorengan. Proses penggorengan Kerupuk Jangek ini dilakukan 2 (dua) kali untuk dapat dikonsumsi. Penggorengan awal dengan cara merendam dalam minyak goreng  dengan api kompor kecil, setelah beberapa waktu dan kerupuk mulai mengembang, api kompor dapat di      besarkan untuk memercepat kerupuk mengembang. Kerupuk yang telah mengembang dapat di angkat dan di tiriskan, kerupuk akan kembali mengecil. Langkah selanjutnya adalah menggoreng kerupuk untuk dapat dikonsumsi, penggorengan ke-2 ini dapat dilakukan seperti menggoreng kerupuk pada umumnya.
 8. Kerupuk jangek yang sudah di goreng bisa di kemas atau dapat juga langsung dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...